Masyarakat Indonesia akan dapat menyaksikan keajaiban alam berupa GERHANA MATAHARI CINCIN, Jum’at (15/1) hari ini. Proses terjadinya gerhana matahari cincin ini akan dimulai sekitar pukul 14.39 WIB dan mencapai puncaknya pukul 15.18 WIB hingga pukul 15.55 WIB.

Gerhana yang diperkirakan akan berlangsung paling lama 11 menit ini akan melewati sejumlah negara di mulai dari Afrika, Chad, Republik Afrika Tengah, Republik Demokrasi Kongo, Uganda, Kenya dan Somalia.
Setelah meninggalkan Afrika, gerhana akan melewati samudera Hindia lalu ke Asia melalui Bangladesh, India, Myanmar, Cina dan Indonesia, demikian laporan dalam situs resmi NASA.

Sayangnya, mungkin Indonesia hanya bisa melihat gerhana matahari cincin kali ini sebagian saja, alias tidak bisa melihat bentuk cincin sepenuhnya. Wilayah Indonesia yang bisa melihat adalah Sumatera, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan dan sebagian Sulawesi.

Menurut informasi, gerhana matahari cincin ini adalah peristiwa yang sangat langka dan bahkan baru akan terjadi lagi lebih dari seribu tahun kemudian.

Wallahu a’lam……