Bayam kaya dengan nutrisi, salah satunya adalah zat besi yang diperlukan tubuh untuk merangsang pembentukan sel-sel darah merah. Menyantap sayur bayam sama artinya dengan melindungi diri dari gejala-gejala penyakit kurang darah yang membuat tubuh jadi lemas.

Daun bayam baik untuk ginjal dan organ pencernaan karena bayam memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat mengatasi sembelit dan melancarkan buang air besar.

Kandungan nutrisi yang ada pada bayam dapat menurunkan kolesterol, gula darah, melancarkan peredaran darah dan menurunkan tekanan darah yang berlebihan. Bagi ibu-ibu yang baru melahirkan disarankan mengkonsumsi bayam, karena bayam dapat menyapu bersih sisa darah kotor (darah nifas).

Walau berkhasiat, bayam tidak cocok untuk penderita asam urat dan rematik. Bayam mengandung zat purin yang cukup tinggi. Di dalam tubuh, zat ini akan diubah menjadi asam urat. Kondisi ini dapat memicu kekambuhan penyakit dengan gejala nyeri di persendian tangan dan kaki.

Bayam dapat mengobati:
Kurang Darah
Sediakan 3 genggam daun bayam merah, cuci bersih lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan satu sendok makan perasan jeruk nipis, kemudian disaring. Tambahkan satu sdm dan satu butir kuning telur ayam kampung. Minum satu kali sehari selama seminggu. Untuk selanjutnya, minum dua kali seminggu sampai sembuh.

Penyakit Kuning
Masaklah daun bayam bersama daging cumi-cumi dan dimakan selama beberapa hari.

Melancarkan ASI
Ambil satu batang bayam duri segar. Cuci bersih lalu ditumbuk halus, kemudian balurkan pada payudara dan lakukan 3-4 kali sehari sampai ASI lancar.

Demam
Ambil segenggam daun dan batang bayam duri segar. Cuci lalu ditumbuk, tambahkan air matang secukupnya sampai adonan kental. Tempelkan ramuan ini pada dahi dan pelipis.

Selamat mencoba.