Oleh: Agung Pribadi

Agus Salim lahir pada tanggal 8 Oktober 1884 di Kota Gadang, Bukit Tinggi Sumatra Barat dan keturunan jaksa wilayah ini memang seorang yang cerdas. Mungkin ada faktor genetik juga dari ayahnya yang jaksa dan kakeknya yang ulama serta keluarga ibunya yang ulama.

Ketika Salim lulus dari HBS (Hogere Burgerschool, setingkat SMA) tahun 1903 ia menjadi lulusan HBS terbaik di seluruh Indonesia yang waktu itu bernama Hindia-Belanda. Ia melamar kepada pemerintah Hindia Belanda untuk memperoleh beasiswa kedokteran. Tapi ia gagal. Pemerintah Hindia Belanda hanya mau memberikan beasiswa kepada orang yang dianggap memiliki pemikiran liberal yaitu RA Kartini.

Tapi RA Kartini dilarang ke Belanda oleh orangtuanya. Jangankan ke Belanda, untuk keluar rumah saja ia dilarang oleh orangtuanya.

Hal ini menyebabkan R.A. Kartini mengusulkan kepada pemerintah Belanda untuk mengalihkan bea-siswa untuk dirinya agar diberikan kepada Agus Salim saja untuk melanjutkan ke sekolah kedokteran di Belanda. Tapi pemerintah Belanda tidak mengabulkannya.

Berarti, untuk kedua kalinya, Agus Salim Gagal memperoleh beasiswa untuk kuliah di sekolah kedokteran di Belanda, Ia sangat terpukul. Berhari-hari ia merasa sedih. Masa Seorang lulusan terbaik HBS di seluruh Hindia Belanda gagal memperoleh beasiswa sekolah kedokteran.

Tapi memang di balik semua musibah ada hikmah. Haji Agus Salim 50 tahun kemudian bersyukur tidak jadi menerima bea-siswa kedokteran. “Kalau saya menerima bea-siswa kedokteran belum tentu saya menjadi tokoh pergerakan dan pejuang Indonesia merdeka”, katanya ketika memberikan kuliah di Cornell University, Amerika Serikat.

Itulah hikmah sebuah kegagalan. Barangkali ketika mengalami sebuah kegagalan kita akan bersedih dan terpukul. Tapi bisa jadi kita akan mensyukurinya esok, lusa, minggu depan, atau bahkan 50 tahun kemudian seperti Haji Agus Salim.

Seandainya Haji Agus Salim tidak menjadi tokoh pergerakan dan pejuang Indonesia merdeka mungkin tidak ada Negara yg mengakui kemerdekaan Indonesia karena Negara yg pertama mengakui Indonesia merdeka yaitu Mesir melakukannya karena lobby dari haji Agus Salim.

Seandainya Haji Agus Salim tidak menjadi tokoh pergerakan maka tidak akan ada pejuang kemerdekaan kemerdekaan yg lain seperti Mohammad Roem, Mohammad Natsir, Buya Hamka yang menjadi murid Haji Agus Salim.

Tidak akan juga ada diplomat-diplomat ulung di mana Haji Agus Salim menjadi guru mereka. Sebuah kerugian besar jika Haji Agus Salim tidak menjadi tokoh pergerakan dan pejuang Indonesia merdeka.

Jadi ketika kita mengalami kegagalan mungkin itu yang terbaik buat kita. Tapi bisa jadi kita baru menyadarinya di kemudian hari.

Ditunggu komentarnya di http://bit.ly/gagal_agus_salim

********
SUDAH BACA BUKU “JANGAN TAKUT GAGAL”?
Buku poket murah, tapi sarat makna Rp 15.000
Komen dari yang sudah baca buku jangan takut gagal:

Subhanallah. Allahu Akbar. Saya bingung harus bagaimana membangkitkan kembali semangat grup. Ternyata mudah dan murah saya pinjami buku Jangan Takut Gagal. Dasyat. Impian dan sikap mereka makin terjaga dan makin bergemuruh. Alhamdulillah perkembangan grup makin positif. Mereka makin optimis dan antusias terutama dengan strategi-stretegi yang makin berani. Terima kasih atas inspirasi dan motivasi yang bapak kobarkan melalui buku-buku, semoga bapak makin intens membangkitkan gelombang energi dasyat untuk Kebangkitan Indonesia.
Qadar, Bogor

*****************
EMAK INGIN NAIK HAJI TERSEDIA DVD-nya
Tahu kan berita terbaru tentang film Emak Ingin Naik Haji yang diberitakan berbagai media. Film ini mendominasi Festival Film Bandung. Film Emak dapat 9 nominasi dari 12 kategori yang ada. Mohon doanya.
Kabar baik lainnya, kini sudah tersedia DVD film Emak Ingin Naik Haji.
Pemesanan dvd mau pun bukunya bisa by email ke penerbitasmanadia@gmail.com atau sms ke 087885273530.
Harga dvd: 39 rb (murah untuk dvd original). Harga buku Emak INgin Naik Haji Rp 40 rb (isinya 10 cerpen terbaik Asma Nadia, dan Emak hanya salah satu cerpen)
Dapatkan promo khusus Emak (paket buku dan dvd) hanya dengan 65 rb! dapat dua-duanya.
Baik buku maupun filmnya telah menyentuh hati setiap penikmatnya yang menginginkan wisata ruhiyah…

*********
PESAN BUKU ONLINE
Buku terbitan Asma Nadia Publishing House paket April sampai 30%
Buku terbitan Asma Nadia Publishing House 20%
Buku Asma Nadia, Putri Salsa terbitan lain diskon 10%
Kecuali buku Istana Kedua terbitan Gramedia (minim stock) tidak ada diskon.
Pesan ke Dedi 087885273530

******

*******
PELATIHAN KEPENULISAN TERDEPAN DI INDONESIA!
WORKSHOP MENULIS NASIONAL:
MASA EARLY BIRD SUDAH BERAKHIR
(Yang sudah SMS/ konfirmasi tapi belum transfer ditunggu sampai senin)

Cara pendaftaran kirim sms ke Isa 08128664864 : Nama lengkap (spasi) email address (spasi) jika transfer atas nama orang lain sebutkan namanya.
Transfer ke Rek BCA an Asmarani Rosalba 7650334064
rek Mandiri an. Asmarani Rosalba 157-00-0206797-4

JIKA ADA YANG BERMINAT ADA LAUNCHING ATAU PELATIHAN DI DAERAH, SILAHKAN HUB ACCOUNT FACEBOOK: manajemen asma nadia