http://azishtm.blogspot.com Berhati-hatilah dengan hacker di facebook…….
Belakangan ini banyak teman-teman dakwah yang akun facebook nya di hack orang yang gak bertanggungjawab dan di isi dengan perkataan yang tidak senonoh. Harap jangan cantumkan alamat email antum di info profil facebook dan ikutilah langkah-langkah pengaman berikut ini:

1. Hindari login melalui Facebook|welcome to facebook, karena halaman ini tidak di enkripsi. Informasi login antum memang di enkripsi, namun karena form login ini berada dalam sebuah frame, user tidak dapat melihat apakah semuanya terenkripsi….. See more atau tidak.

2. Lakukanlah proses login dari halaman https://login.facebook.com/login.php?login_attempt=1.
Antum dapat memastikan bahwa login yang antum lakukan aman dengan mengecek sebelah kanan bawah browser yang menampilkan ‘lock sign’.

3. Jangan melanjutkan proses login jika terdapat peringatan bahaya (Security Alert). Antum dapat segera menghentikan proses yang tidak aman tersebut dengan tombol ‘ESC’.

4. Jangan lupa untuk selalu melakukan log out setelah selesai mengakses account facebook. Dengan hanya mematikan browser tanpa proses log out, berarti antum telah meninggalkan session untuk di akses orang lain. Oleh karenanya sangat penting untuk antum selalu melakukan log out.

5. Jangan terbiasa bekerja dengan hak sebagai system administrator. Akan sangat berbahaya jika antum membuka email, gambar maupun dokumen dengan mempergunakan account administrator, karena hal ini akan membuka kemungkinan bagi penjahat cyber untuk mengambil alih komputer kita.

6. Waspada terhadap Malicious Facebook Widget. Widget atau aplikasi tambahan dapat memberikan kesempatan bagi pembuatnya untuk menyelipkan coding program untuk mengakses informasi penting dari komputer target. Hingga saat ini ada dua macam malicious facebook widget yang dilaporkan menyerang pengguna facebook, yaitu Secret Crush dan Error Check System.

7. Hati-hati dalam memilih komputer untuk dipakai jika antum terbiasa memakai komputer umum atau berganti-ganti komputer, seperti di rental ataupun warnet, maka antum harus berhati-hati dalam memilih dan mempergunakannya. Hal ini disebabkan tidak adanya jaminan update security yang maksimal dari komputer yang telah terinfeksi Koob Face Worm atau Key Logger dapat mencuri data user beserta passwordnya.

8. Hati-hati dalam memilih jaringan koneksi Wi-Fi Internet. Hanya proses login facebook yang di enkripsi mempergunakan SSL/ TLS (https). Sementara itu cookies facebook akan dengan sangat mudah diambil dari udara melalui Wi-Fi.

Semoga bermanfaat.
(Pesan dari Ustadz Fendi Leong)

Iklan