Ada banyak hal positif yang bisa kita lakukan di saat bulan Ramadhan ini untuk meraih pahala. Salah satunya adalah berinteraksi dengan Al Qur ’an, baik itu membacanya (tilawah), mempelajarinya (tadabbur), atau mengamalkannya.

Secara konvensional, kita bisa membaca Al Qur ’an melalui kitab-kitab Al Qur’an yang banyak dijual di toko-toko buku. Dan sekarang (di jaman yang penuh dengan perkembangan teknologi informasi) kita bisa membaca Al Qur’an melalui komputer atau pun handphone/ gadget kita. Ada banyak software yang menawarkan piranti lunak Al Qur’an, baik itu yang gratis maupun yang berbayar. Salah satunya adalah “Zekr”.

Zekr adalah aplikasi AlQur’an yang gratis. Dia adalah aplikasi open source dan open platform (bisa dijalankan di Windows, Linux, maupun Mac) karena dibangun dengan bahasa pemrograman Java.
Selain bahasa Arab, Zekr menyediakan terjemahan Al Qur’an dalam berbagai bahasa di seluruh dunia, antara lain Indonesia, Malaysia, Inggris, Prancis, Jerman, Bosnia, Rusia, dll.

Pengguna Zekr akan sangat terbantu untuk berinteraksi dengan Al Qur’an. Karena Zekr menyediakan fasilitas pencarian ayat berdasarkan huruf Arab aslinya atau berdasarkan terjemahannya, membantu kita untuk menuju surat + ayat tertentu, menuju ke Juz tertentu, atau menuju ke ayat sajadah tertentu. Jika kita membaca Al Qur’an menggunakan Zekr, kita bisa memberikan penanda. Sehingga jika suatu saat ingin melanjutkan bacaan, kita tinggal buka penanda terakhir. Menarik bukan?

Dan jika ingin
mempelajari
bagaimana membaca
Al-Qur’an yang baik dan benar, Zekr juga menyediakan audio player bacaan Al Qur’an dari berbagai imam, antara lain Saad Al Ghamdi, Al Afasy, Al Sudais, dll. Namun sayang, untuk bisa memainkan audio ini, pengguna harus terhubung ke internet karena file audionya diputar secara streaming langsung dari internet. Tentu tidak ada masalah bagi yang akses internetnya lancar.

Sebagaimana aplikasi open source pada umumnya, Zekr selalu memperbaharui versinya. Terakhir Zekr mengeluarkan versi terbaru yaitu versi 1.0.0 pada 11 Agustus 2010 yang lalu
bertepatan dengan 1 Ramadhan 1431 H.
Dalam rilisnya, Zekr mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan, dan memberi pesan agar kita tidak lupa mendoakan saudara-saudara kita di Gaza Palestina.

Tunggu apa lagi? Segera download Zekr di http://www.zekr.org dan mari kita berinteraksi dengan Al Qur’an. (hdn)