http://azishtm.blogspot.com
Oleh: Agung Pribadi

Anwar Ibrahim adalah salah seorang yang disebut sebagai menteri keuangan terbaik di Malaysia. Ketika ia menjabat sebagai Menteri keuangan beberapa pengusaha kelas kakap Malaysia memberikan hadiah berupa jam tangan emas. Anwar Ibrahim menolak hadiah itu. Ia mengatakan, “Hadiah ini pasti ada hubungannya dengan jabatan saya karena waktu saya belum menjabat sebagai menteri keuangan tidak ada yang memberikan hadiah seperti ini !. Ini sama saja dengan suap !”.

Inilah sebabnya mengapa Anwar disebut sebagai salah satu menteri keuangan terbaik di Malaysia, karena ia jujur. Sebagai menteri keuangan terbaik apakah latar belakang pendidikannya adalah ekonomi seperti Sri Mulyani? Bukan! Latar belakang pendidikan Anwar Ibrahim adalah Sastra Arab!

Teten Masduki adalah ikon perjuangan anti korupsi di Indonesia. Di masa akhir Orde Baru ia mendirikan Indonesia Corruption Watch yang menjadi LSM terdepan dalam pemberantasan korupsi. Sekarang Teten aktif di TI (Transparency International) Apakah latar belakang pendidikan Teten adalah Fakultas Hukum? Bukan! Latar Belakang pendidikan Teten adalah IKIP jurusan Kimia.

Margareth Thatcher adalah perempuan pertama yang menjadi Perdana Menteri di Inggris. Ia dijuluki perempuan besi karena ketegasannya dalam mengambil keputusan. Ia berhasil menembus dominasi laki-laki dalam politik di Inggris dan Eropa. Ia juga menginspirasi Angela Merkel untuk maju sebagai kanselir Jerman dan akhirnya terpilih. Apakah latar belakang pendidikan Thatcher adalah politik? Bukan! Latar belakang pendidikannya adalah jurusan kimia!

Terkadang kita menolak sebuah peluang yang bagus ke arah kesuksesan kita tapi kita menolak dengan alasan latar belakang pendidikan kita berbeda. Padahal kalau kita berniat sukses kita harus membuka mata lebar-lebar untuk semua peluang yang ada.