Mungkin yang ada di pikiran kita jika melihat anak Underground yang dengan segala perniknya adalah, Sebuah komunitas anak muda perkotaan yang identik dengan minuman keras dan obat-obatan terlarang, seks bebas, pengutilan atau pemalakan bahkan penodongan. Bahkan lebih jauh terkadang ada sebagian masyarakat yang memandang rendah ketuhanan mereka. Benarkah Demikian???
Dalam kesempatan kali ini, saya akan menulis artikel tentang salah satu band Underground yang sangat terkenal dikalangan anak Underground bahkan aktifis Islam. Siapa lagi kalau bukan The Roots Of Madinah.

Saya menulis band yang satu ini karena menurut kabar The Roots Of Madinah akan mengeluarkan album terbaru mereka di bulan Maret 2011 nanti. Album yang sebagian isinya adalah rilis ulang dari lagu-lagu mereka yang terdahulu ini akan diberi judul “JURNAL UNTUK PARA SINGA TAUHID”

The Roots Of Madinah berawal dari ide 3 orang teman lama yang bersatu kembali setelah sekian tahun berpisah ditelan kesibukan masing masing. Mereka itu adalah Thufail Al Ghifari, Udenkox Hermawan dan Arif Attack. Sejak berdiri pada tanggal 24 Mei 2008, The Roots Of Madinah telah mengalami beberapa pergantian personel. Dan saat ini Line Up The Roots Of Madinah adalah Thufail Al Ghifari – Lead Vokal, UdenkOx Hermawan – Guitar, Arif Attack Guitar, Bobby – Bass dan Ivan Noval Husni di Drum. Banyak cerita menghiasi latar belakang para personel The Roots Of Madinah.

Dimulai dari orang yang pertama adalah Muhammad Thufail Al Ghifari. ia adalah salah satu rapper yang cukup dikenal di komunitas hiphop local dan nasyid indonesia. Kedua albumnya sudah memberi warna tersendiri dalam perjalanan eksistensinya.Walau aransemen music di album Syair Perang Panjang sempat mendapat banyak cercaan dari komunitas hiphopindo, ditambah syair – syair islam yang tajam, tegas dan sangat agresif membuat Thufail sering dicap rapper islam garis keras bahkan hingga saat ini masih banyak yang memberikan penilaian tersebut.

Namun dibalik semua pro kontra itu, Thufail Al Ghifari ternyata mampu membuktikan ketangguhan prinsip dan idealisnya. Tidak sedikit orang – orang yang terinspirasi dengan lagu – lagunya, bahkan memilih hijrah membela Islam karena terinspirasi oleh lagu – lagu Thufail Al Ghifari.


Kembali ke The Roots Of Madinah. Di album yang berisi 38 lagu ini, selain lagu-lagu lama juga berisi beberapa lagu baru. Dan tentunya buat yang tidak terbiasa dengan musik-musik berirama super keras akan sulit memahami lagu-lagu The Roots Of Madinah ini. Berikut ini beberapa lagu yang ada di album “JURNAL UNTUK PARA SINGA TAUHID”:
– Bergabung Bersama Kafilah
– Konspirasi Magdalena (Surat Untuk Ibu 2)
– Polisi Tembak Polisi
– Teritorial dan Propaganda
– Surat Dari Garis Depan Perlawanan
– Shelter Pendakian
– Dari Gerakan Ke Khilafah Islamiyah
– Democrazy
– Perjalanan ke Syam
– Peran Pemuda Islam
– Darah di atas Pedang
– Syair Tanah Terjajah
– Konspirasi Haykal
– Dari jakarta hingga Jalur Gaza

http://azishtm.blogspot.com